Senin, 23 November 2015

Peranan Koperasi

Nama : Vera Verina Tanadinata
NPM  : 2A214993
Kelas : 2EB37
Tugas : Ekonomi Koperasi (Softskill)

Peranan Koperasi
·        Di Pasar Persaingan Sempurna
Suatu pasar disebut bersaing sempurna jika terdapat banyak penjual dan pembeli sehingga tidak ada satu pun dari mereka dapat mempengaruhi harga yang berlaku. Perusahaan-perusahaan dalam pasar persaingan sempurna bersifat “penerima harga” (price taker). Kurva permintaan yang dihadapi sebuah perusahaan dalam pasar persaingan sempurna merupakan sebuah garis horizontal pada tingkat harga yang berlaku di pasar.  Kuantitas output ditentukan berdasarkan harga pasar dan tujuan memaksimumkan laba, yaitu pada saat MR = MC. 
Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna :
-          Jumlah pembeli dan penjual yang besar/banyak
-          Seluruh perusahaan menjual produk yang sama (Homogen)
-          Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar (Free Entry and Exit)
-          Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna
·        Di Pasar Monopolistik
Pasar monopolistik pada dasarnya adalah pasar yang berada di antara dua jenis pasar yang ekstrem (pasar persaingan sempurna dan monopoli), oleh sebab itu sifat-sifatnya mengandung unsur-unsur sifat monopoli dan persaingan sempurna. Pasar monopolistik dapat didefinisikan sebagai pasar yang terdapat banyak produsen untuk menghasilkan barang yang berbeda.
Ciri-ciri Pasar Monopolistik :
-          Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
-          Produk yang dihasilkan tidak homogen
-          Ada produk substitusinya
-          Para penjual memiliki kekuatan pasar Oligopoli
·        Di Pasar Monopsoni
Monopsoni adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar. Monopsoni dapat dikatakan kebalikan dari monopoli, yaitu di mana hanya terdapat satu pembeli saja yang membeli produk yang dihasilkan . Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan industri hewan potong (ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen.
Ciri-ciri Pasar Monopsoni :
-          Ada penjual banyak tetapi hanya ada satu pembeli
-          Pembeli bukan konsumen, tetapi pedagang/produsen
-          Barang yang dijual berupa bahan mentah
-          Harga sangat ditentukan pembeli
·        Di Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli dari segi bahasa berasal dari kata olio yang berarti beberapa dan poli yang artinya penjual adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Persaingan di antara beberapa anggota penjual (oligopoli) berbeda dari persaingan di antara banyak anggota (persaingan sempurna dan tidak sempurna) karena terlalu sedikitnya anggota, akan menghasilkan saling ketergantungan dalam pengambilan keputusan.
Ciri-ciri Pasar Oligopoli :
-          Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda
-          Kekuasaan menentukan harga adakalanya lemah dan ada kalanya kuat
-          Pada umumnya perusahaan oligopoli perlu melakukan promosi secara iklan


Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar