Senin, 15 Juni 2015

Perindo 4

Nama  : Vera Verina Tanadinata
NPM   : 2A214993
Kelas  : 1EB36
Tugas : Perekonomian Indonesia (Softskil)

PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Perdagangan Internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain.
Perdagangan Internasional merupakan hubungan kegiatan ekonomi antar negara yang diwujudkan dengan adanya proses pertukaran barang dan jasa atas dasar suka rela dan saling menguntungkan. Perdagangan internasional juga dikenal dengan sebutan perdagangan dunia. Perdagangan internasional terbagi menjadi dua yaitu impor dan ekspor, yang biasanya disebut dengan perdagangan ekspor impor.
Ada beberapa faktor-faktor pendorong terjadinya Perdagangan Internasional, antara lain sebagai berikut:
Perbedaan sumber daya alam 
Sumber daya alam yang dimiliki setiap negara berbeda. untuk mendapatkan sumber daya alam yang dibutuhkan dan tidak dimiliki suatu negara, diperlukan pertukaran antar negara yang menyebabkan terjadinya perdagangan internasional.
- Selera 
Penduduk suatu negara cenderung lebih menyukai produk negara lain, sehingga harus mengimpor produk itu.
 Penghematan biaya produksi (Efisiensi) 
Perdagangan internasional memungkinkan suatu negara dapat memasarkan hasil produksinya pada banyak negara. Negara tersebut berproduksi dalam jumlah besar sehingga dapat menurunkan biaya produksi. Masalah efisiensi juga menjadi alasan tidak diproduksinya barang berteknologi tinggi oleh negara berkembang.
- Perbedaan teknologi
Negara yang menggunakan teknologi maju dapat menjual barang dengan harga murah pada negara yang teknologinya sederhana.
Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri
- Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara
-Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut
- Keinginan membuka kerja sama, hubungan politik dan dukungan dari negara lain
-Terjadinya era globalisasi sehingga tidak satu negara pun di dunia dapat hidup sendiri

Manfaat perdagangan internasional menurut Sadono Sukirno adalah sebagai berikut :
-          Menjalin persahabatan antar negara
-          Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri
Banyak faktor yang mempengaruhi perbedaan hasil produksi di setiap negara. Faktor-faktor tersebut antara lain: kondisi geografi, iklim, tingkat penguasaan iptek dan lain-lain.
-          Memperoleh keuntungan dari spesialisasi
Sebab utama kegiatan perdagangan luar negeri adalah untuk mempeoleh keuntungan yang diwujudkan oleh spesialisasi. Walaupun suatu negara dapat memproduksi suatu barang yang sama jenisnya dengan yang diproduksi oleh negara lain, tapi ada kalanya lebih baik apabila negara tersebut mengimpor barang tersebut dari luar negeri.
-          Memperluas pasar dan menambah keuntungan
Terkadang, para pengusaha tidak menjalankan mesin-mesinnya dengan maksimal karena takut akan terjadi kelebihan produksi, yang mengakibatkan turunnya harga produk mereka. Dengan adanya perdagangan internasional, pengusaha dapat menjalankan mesinnya secara maksimal, dan menjual kelebihan produk tersebut ke luar negeri
-          Transfer teknologi modern
Perdagangan luar negeri memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih efisien dan cara-caa manajemen yang lebih modern

Kebijakan Perdagangan Internasional
1.      Kebijakan perdagangan bebas
Kebijakan perdagangan bebas adalah kebijakan perdagangan yang menginginkan kebebasan dalam perdagangan, sehingga tidak ada rintangan yang menghalangi arus produk dari dan ke luar negeri.kebijakan perdagangan bebas berkembang dengan berpedoman pada ajaran aliran klasik (liberal) yang tidak menghendaki adanya rintangan atau hambatan dalam arus perdagangan internasional.
2.      Kebijakan perdagangan proteksionis
Kebijakan perdagangan proteksionis adalah kebijakan perdagangan yang melindungi industri dalam negeri dengan cara membuat berbagai rintangan atau hambatan yang menghalangi arus produk dari dan keluar negeri.



http://www.zonasiswa.com/2015/01/perdagangan-internasional-kebijakan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar