Sabtu, 27 Desember 2014

MANAJEMEN KEUANGAN PERUSAHAAN



Nama               : Vera Verina Tanadinata
NPM               : 2A214993
Kelas               : 1EB36
Tugas               : Pengantar Bisnis (Softskil)

MANAJEMEN KEUANGAN PERUSAHAAN

ABSTRAK
Setiap perusahaan harus memiliki manajemen yang baik terlebih dalam manajemen keuangan sebuah perusahaan. Jika perusahaan sudah memiliki manajemen yang baik, perusahaan akan semakin berkembang pesat dan perusahaan dapat bertahan dalam persaingan dalam dunia berbisnis. Jika sebuah perusahaan tidak memiliki manajemen yang baik, mana mungkin perusahaan tersebut akan berjalan dengan lancar dan hal ini akan mempengaruhi keberlangsungan sebuah perusahaan tersebut.

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Setiap perusahaan diharuskan memiliki manajemen keuangan yang baik. Dimana manajemen adalah yang tertinggi dalam suatu perusahaan. Seorang manajer keuangan di dalam suatu perusahaan harus mengetahi bagaimana cara mengelola berbagai unsur dan segi keuangan, hal ini merupakan hal yang wajib karena keuangan merupakan salah satu hal terpenting dalam mencapai tujuan perusahaan.
Seorang manajer keuangan harus daat mengetahui segala aktivitas manajemen terutama manajemen keuangan, khususnya dalam penggunaannya untuk mengetahui keuntungan maksimum perusahaan tersebut. seorang manajer juga tentunya harus memenuhi kode etik yang berlaku.

1.2  Rumusan Masalah
a.       Pengertian Manajemen Keuangan
b.      Fungsi Manajemen Keuangan
c.       Tujuan Manajemen Keuangan
d.      Peran dan Tanggung Jawab Manajer Keuangan

1.3  Tujuan
Tujuan dari tulisan ini, yaitu:
-          Untuk mengetahui apa itu manajemen keuangan
-          Untuk mengetahui fungsi dari manajemen keuangan
-          Untuk mengetahui tujuan dari manajemen keuangan
-          Untuk mengetahui peran dan tanggung jawab manajer keuangan

BAB 2
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan adalah proses manajemen yang diterapkan pada fungsi-fungsi keuangan. Sedangkan fungsi merupakan kegiatan utama yang harus dilakukan oleh mereka yang bertanggung jawab dalam bidang tertentu. Karena itu mereka bertanggung jawab dalam bidang atau aspek keuangan, akan melakukan kegiatan-kegiatan utama dalam menjalankan tugasnya.
Untuk menjalankan usahanya, erusahaan memerlukan berbagai aktiva rill (real assets). Diantara aktiva-aktiva tersebut ada yang berwujud seperti misalnya mesin, bangunan, peralatan kantor dan sebagainya. Ada pula yang tidak berwujud seperti kecakapan teknis dan manajerial, merk dagang dan paten. Untuk memperoleh uang yang dierlukan, perusahaan mungkin menjual surat-surat berharga, yang disebut sebagai aktiva finansial. Aktiva finansial ini terdiri dari saham, obligasi, utang bank, kewajiban, sewa dan lain-lain
2.2 Fungsi Manajemen Keuangan
1.      Perencanaan Keuangan
Membuat rencana pemasukan dan pengeluaran serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu.
2.      Penganggaran Keuangan
Tindak lanjut dari erencanaan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan.
3.      Pengelolaan keuangan
Menggunakan dana perusahaan untuk memakimalkan dana yang ada dengan bergabagi cara.
4.      Pencairan Keuangan
Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan.
5.      Penyimpanan Keuangan
Mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dan mengamankan dana tersebut.
6.      Pengendalian Keuangan
Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada perusahaan.
7.      Pemerikasaan Keuangan
Melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi enyimpangan.
8.      Pelaporan Keuangan
Penyediaan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan sekalgus sebagai bahan evaluasi.
2.3 Tujuan Manajemen Keuangan
Tujuan Manajemen Keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Dengan demikian aabila suatu saat perusahaan dijual, maka harganya dapat diteapkan setinggi mungkin. Seorang manajer juga harus mampu menekan arus peredaran uang agar terhindar dari tindakan yang tidak diingnkan.
2.4 Peran dan tanggung Jawab Manajemen Keuangan
Sukses atau tidaknya suatu perusahaan dipengaruhi oleh manajer keuangan diperusahaan tersebut. Peran seorang manajer yaitu memproses input menjadi output, dengan melaksanakan Palnning, Organizing, Leading dan Controlling melalui peranan yang harus dilakukan antar pribadi yang sangat membantu melaksanakan pekerjaan, pemberian informasi kepada pihak yang berkepentingan dengan pekerjaannya, dan peranan ketiga yang harus dilakukan seorang manajer adalah cara manajer mengimplementasikan suatu keputusan perusahaan di dalam kegiatan perusahaan tersebut.
Manajemen keuangan mempunyai tanggung jawab yang sangat besar terhadap apa yang telah dilakukannya. Secara keseluruhan tanggung jawab utamanya adalah meningkatkan nilai perusahaan atau bagaimanna cara meningkatkan kesejahteraan para pemegang perusahaan.
Tugas manajemen keuangan atara lain:
-          Perolehan dana dengan biaya murah
-          Penggunaan dana efektif dan efisien
-          Analisis laporan keuangan
-          Analisis lingkungan Internal dan Eksternal


BAB 3
METODOLOGI PENELITIAN

Metode yang digunakan untuk penulisan ini adalah dengan mengumpulkan sumber-sumber yang terpercaya melalui buku tentang Manajemen Keuangan dan dengan melalui internet. Penelitian ini menggunakan data sekunder, dimana data didapat dari referensi buku dan internet.


BAB 4
PEMBAHASAN

Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dann penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.
Perencanaan keuangan adalah panduan atau pedoman yang disusun perusahaan untuk mencapai tujuan dan membantu meningkatkan nilai perusahaan, meliputi analisis sumber dana perusahaan, penganggaran perusahaan, dana jangka panjang dan jangka pendek, dan seterusnya.
Manajemen keuangan berhubungan dengan 3 aktivitas, yaitu:
1.      Aktivitas penggunaan dana, yaitu aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva
2.      Aktivitas perolehan dana, yaitu aktivitas untuk mendapatkan sumber dana, baik dari sumber dana internal maupun sumber dana eksternal perusahaan.
3.      Aktivitas pengelolaan aktiva, yaitu setelah dana diperoleh dan dialokasikan dalam bentuk aktiva, dana harus dikelola seefisien mungkin.
Fungsi manajemen keuangan dari tiga keputusan utama yang harus diambil oleh perusahaan, yaitu:
1.      Keputusan Investasi
Termasuk ke dalam keputusan investasi adalah:
-       Investasi modal, yaitu pengalokasian modal ke dalam usaha-usaha investasi yang manfaatnya akan direalisasikan di masa-masa yang akan datang.
-        Keputusan mengalokasikan kembali modal, apabila modal yang terikat pada suatu aktiva tidak dapat dibenarkan lagi dari segi ekonomi.
-       Komposisi dari aktiva-aktiva tersebut.
-       Corak risiko bisnis dari perusahaan itu menurut persepsi pensuplai modal.
2.      Keputusan Financing (Pembelajaran)
Keputusan ini mencakup penentuan financing mix atau struktur modal yang terbaik. Dalam hal ini, manajer keuangan harus membuat keputusan mengenai bagaimana kombinasi pembelajaranyang akan digunakan apakah akan menggunakan kombinasi short term debt dengan long termdebt, atau long term debt dengan modal sendiri, short term debt dengan modal sendiri.
3.      Keputusan Dividen
Keputusan ini meliputi keputusan tentang penentuan pembagian pendapatan antara penggunaan pendapatan untuk dibayarkan kepada pemegang saham sebagai dividen atau untuk digunakan dalam perusahaan tersebut sebagai laba yang ditahan.
Laba ditahan merupakan salah satu dari sumber dana yang digunakan untuk membiayai pertumbuhan perusahaan, sedangkan dividen merupakan aliran kas yang dibayarkan kepada para pemegang saham.
Sumber dan penggunaan dana perusahaan dapat dibagi menjadi 2, yaitu:
1.      Dari dalam perusahaan sendiri
Sumber dana dari dalam perusahaan meliputi:
a.       Penggunaan laba perusahaan
b.      Penggunaan cadangan
c.       Penggunaan laba yang tidak dibagi
2.      Dari luar perusahaan
Sumber dana dari luar perusahaan meliputi:
a.       Dari pemilik, dalam bentuk saham
b.      Dari pinjaman (baik pinjaman jangka pendek maupun jangka panjang)
Bidang lain yang terkait dengan manajemen keuangan.
Selain menguasai dasar-dasar teori dan konsep manajemen keuangan, seorang manajer keuangan pada praktiknya harus memahami pula bidang ilmu yang terkait. Bidang ilmu yang sangat berhubungan dengan manajemen keuangan, yaitu:
1.      Manajemen
Manajemen mencakup manajemen fungsional (pemasaran, operasi, sumber daya manusia) dan manajemen strategi.
2.      Sistem Informasi
Pengetahuan sistem informasi yang memadai akan memudahkan seorang manajer keuangan dalam menjawab hal-hal mendasar, seerti: apa saja informasi yang dibutuhkan, bagaimana informasi disimpan, bagaimana informasi dikirimkan, dan apa dampak suatu informasi terhadap posisi keuangam perusahaan. Tujuan pokok penggunaan sistem informasi dalam pengambilan keputusan keuangan adalah tersajinya informasi keuangan yang dapat dipercaya, akurat, dan tepat waktu.
3.      Akuntansi
Pada perusahaan tingkat menengah dan kecil, eran bagian keuangan dan akuntansi sulit dibedakan. Kedua bidang dikelola oleh seorang manajer yang melaksanakan peran keduanya.
4.      Ekonomi
Banyak prinsip keuangan yang diturunkan dari ekonomi. Bahkan ada yang mengangap keuangan adalah ekonomi terapan di bidang keuangan.

Pengelolaan Investasi aktiva tetap dan pemilihan  alternative
Aktiva tetap atau aktiva tidak lancar (fixed assets) adalah kekayaan perusahaan yang pemakaiannya dalam waktu lama (lebih dari satu periode akuntansi) aktiva tersebut digunakan sendiri dalam kegiatan normal perusahaan serta mempunyai nilai material.
Aktiva tetap terdiri sebagai berikut:
a.       Tanah
b.      Gedung atau bangunan
c.       Mesin-mesin
d.      Kendaraan
e.       peralatan

BAB 5
PENUTUP
Berdasarkan hasil pembahasan penulisan ini, mengenai Manajemen Keuangan yang diperoleh melalui referensi buku dan juga internet. Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan. Perencanaan keuangan adalah panduan atau pedoman yang disusun perusahaan untuk mencapai tujuan dan membantu meningkatkan nilai perusahaan, meliputi analisis sumber dana perusahaan, penganggaran perusahaan, dana jangka panjang dan jangka pendek, dan seterusnya.


DAFTAR PUSTAKA

Anoraga, Pandji. Pengantar Bisnis : Manajemen Keuangan. Rineka Cipta.
Mardiyanto, Handono. 2008. Inti Sari : Manajemen Keuangan
http://febrifitriyani19.blogspot.com/2013/11/manajemen-keuangan-perusahaan.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar