Selasa, 04 November 2014

Organisasi Bisnis

Nama               : Vera Verina Tanadinata
NPM               : 2A214993
Kelas               : 1EB36
Tugas               : Pengantar Bisnis (Softskil)

ORGANISASI BISNIS

ABSTRAK
Dalam berbisnis Organisasi Bisnis adalah hal yang terpenting. Komunikasi didalam organisasi-organisasi sangatlah penting karena mempengaruhi perilaku orang lain dengan gagasan-gagasan pembagian, informasi, atau perasaan dengan mereka. Untuk mencapai organisasi yang baik ada beberapa prinsip yang harus dilakukan. Terkadang masih banyak orang yang tidak tahu dan tidak perduli dengan Organisasi Bisnis. Tanpa mengetahui arti penting dari sebuah organisasi bisnis, sebuah bisnis tidaklah dapat berjalan dengan lancar.

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Saat ini dalam Dunia Bisnis sudah semakin berkembang, baik itu bisnis kecil-kecilan atau bahkan bisnis besar sekalipun. Keberhasilan suatu organisasi bisnis tidak terlepas dari bagaimana mereka mengelola atau mengatur segala aspek yang terdapat dalam bisnis tersebut. Struktur, penerapan prinsip organisasi dan bagaimana perilaku pembisnis dalam menjalankan bisnis mereka sangatlah menentukan jalannya bisnis yang mereka tempuh.
Namun masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu organisasi bisnis, sehingga usahanya belum menggunakan struktur bisnis yang tepat. Dan masih banyak juga orang-orang yang tidak tahu mengenai bentuk-bentuk organisasi bisnis, sehingga mereka tidak tahu bentuk usaha atau bisnis apa yang sedang mereka jalani.

1.2  Rumusan Masalah
a.       Pengertian Organisasi Bisnis
b.      Ciri-ciri Organisasi
c.       Prinsip-prinsip Organisasi Bisnis
d.      Bentuk-bentuk Organisasi Bisnis

1.3  Tujuan
Tujuan dari tulisan ini, yaitu:
-          Untuk mengetahui apa itu Organisasi Bisnis
-          Untuk mengetahui ciri-ciri sebuah organisasi
-          Untuk mengetahui prinsip-prinsip Oganisasi Bisnis
-          Untuk mengetahui bentuk-bentuk Organisasi Bisnis

BAB 2
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Organisasi Bisnis
Sebelum kita tahu apa itu Organisasi Bisnis, kita harus tahu terlebih pengertian dari Organisasi dan juga Bisnis.
Banyak definisi dan pengertian mengenai organisasi yang dikemukakan oleh para ahli dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa pengertian organisasi menurut para ahli.
-          Menurut Stephen P. Robbins (2001)
Organisasi merupakan gabungan unit sosial yang mempunyai anggota dua orang atau lebih yang dikoordinasikan untuk mencapai sejumlah tujuan.
-          Menurut Edgar H. Schein (2002)
Organisasi merupakan koordinasi sejumlah kegiatan manusia yang telah direncanakan untuk mencapai maksud dan tujuan tertentu bersama melalui pembagian tugas dan fungsiserta melalui serangkaian wewenang dan tanggung jawab.
-          Menurut Gibson (1997)
Pengertian organisasi merupakan suatu kesatuan yang memungkinkan masyarakat mencapai suatu tujuan yang tidak dapat dicapai melalui tindakan individu secara terpisah.
Selain istilah organisasi. Istilah yang dekat dengan organisasi adalah pengorganisasian. Pengorganisasian dapat dikatakan sebagai proses penciptaan hubungan antara berbagai fungsi, personalia dan faktor-faktor fisik agar semua pekerjaan yang dilakukan dapat bermanfaat serta terarah pada satu tujuan.
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris businnes, dari kata dasar yaitu busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Bisnis menggunakan faktor-faktor produksi seperti sumber daya alam (tanah), sumber daya manusia, modal (termasuk teknologi), dan kewirausahaan. Bisnis menggunakan tanah untuk mendirikan lokasi produksi atau menjual produk, bisnis menggunakan sumber daya manusia untuk melakukan proses produksi dan membuat keputusan bisnis lainnya. Bisnis mengandalkan modal untuk menghasilkan produknya. Bisnis mengandalkan kewirausahaan untuk pedoman pada saat bisnis diciptakan dan ketika bisnis berevolusi.
Organnisasi Bisnis adalah organisasi yang melakukan aktivitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit). Contoh organisasi bisnis adalah radio. Radio disebut organisasi bisnis karena tujuan ekonominya adalah menghasilkan keuntungan melalui kegiatan penyampaian informasi dan hiburan kepada masyarakat.
2.2 Ciri-ciri Organisasi
1.      Adanya suatu kelompok orang yang dapat dikenal dan saling mengenal
2.      Adanya kegiatan yang berbeda-beda, tetapi satu sama lain saling berkaitan (interdependent part) yang merupakan kesatuan kegiatan
3.      Tiap-tiap orang memberikan sumbangan atau kontribusinya berupa pemikiran, tenaga dan lain-lain
4.      Adanya kewenangan, koordinasi dan pengawasan
5.      Adanya tujuan yang ingin dicapai
2.3 Prinsip-prinsip Organisasi
Ahli manajemen merumuskan prinsip-prinsip untuk mencapai organisasi yang baik:
-          Prinsip hirarki adalah filsafat yang mengharuskan adanya rangkaian pimpinan yang jelas dari posisi paling tinggi ke posisi paling rendah dalam sebuah perusahaan.
-          Prinsip kesatuan komando adlah filsafat bahwa tiap orang di perusahaan harus melaporkan hanya kepada satu pengawas. Ini menjamin superior menugaskan suatu tanggung jawab kepada bawahan, dan bawahan menerima tanggung jawab itu.
2.4 Bentuk-bentuk Organisasi Bisnis
-          Perusahaan Perseorangan
-          Persekutuan Firma
-          Perseoran Terbatas
-          Koperasi
-          Yayasan
-          BUMN



BAB 3
METODOLOGI PENELITIAN

Metode yang digunakan untuk penulisan ini adalah dengan mengumpulkan sumber-sumber yang terpercaya melalui buku tentang Organisasi Bisnis dan dengan melalui internet. Penelitian ini menggunakan data sekunder, dimana data didapat dari referensi buku dan internet.


BAB 4
PEMBAHASAN

Pengertian Organisasi Bisnis adalah suatu organisasi yang melakukan aktivitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit). Agar bisnis dapat berjalan dengan sukses maka perlu diorganisasikan. Dalam mengorganisasi suatu bisnis tentunya harus memperhatian unsur-unsur bisnis yang ada. Unsur bisnis yang perlu mendapat perhatian pengusaha yaitu lingkungan bisnis. Lingkungan sangat besar pengaruhnya kepada efisiensi dari operasional perusahaan dan kemampuannya untuk memperoleh keuntungan. Untuk itu setiap pemilik dan pemimpin usaha harus dapat memahami keadaan lingkungannya dan dampak lingkungan tersebut terhadap usahanya.
Secara garis besar lingkungan bisnis dapat dibedakan menjadi 2 yaitu, lingkungan pasar dan lingkungan bukan pasar. Yang termasuk dalam lingkungan pasar adalah unsur-unsur dalam sistem pasar yang berpengaruh terhadap kegiatan suatu perusahaan, yang meliputi:
-          Lapangan
-          Perusahaan yang menyediakan bahan mentah
-          Para pekerja dalam perusahaan
-          Perusahaan lain pesaing maupun bukan pesaing
Sedangkan lingkungan bukan pasar meliputi beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan perusahaan dalam perekonomian. Unsur-unsurnya antara lain:
-          Kegiatan ekonomi pada keseluruhannya
-          Peraturan dan undang-undang negara dan pelaksanaannya
-          Kestabilan pemerintah atau politik dan kebijakan pemerintah
-          Faktor sosial dan budaya dalam masyarakat
-          Organisasi perburuhan dan masyarakat lain
-          Situasi dan perkembangan ekonomi global.
Berikut penjelasan bentuk-bentuk organisasi.
1.      Perusahaan Perseorangan
Perusahaan perseorangan adalah perusahaan yang dikelola dan diawasi oleh satu orang, dimana pengelola perusahaan memperoleh semua keuntungan perusahaan, tetapi ia juga menanggung semua resiko yang timbul dalam kegiatan perusahaan.
Kebaikan Perusahaan Perseorangan
§  Bekerja dengan sederhana
§  Pengelolaannya sederhana
§  Mudah dibentuk dan dibubuarkan
§  Tidak perlu kebijaksanaan pembagian laba
Kelemahan Perusahaan Perseorangan
§  Kemampuan manajemen terbatas
§  Tanggung jawab tidak terbatas
§  Sumber dana hanya terbatas pada pemilik
§  Resiko kegiatan perusahaan ditanggung sendiri
2.      Persekutuan Firma
Firma adalah bentuk badan usaha yang didirikan oleh beberapa orang dengan menggunakan nama bersama atau satu nama digunakan bersama. Dalam firma semua anggota bertanggung jawab sepenuhnya baik sendiri-sendiri maupun bersama terhadap utang-utang perusahaan kepada pihak lain.
Kebaikan Firma
§  Mempunyai kemampuan finansial yang lebih besar, karena gabungan modal yang dimiliki beberapa orang
§  Prosedur pendirian relatif mudah
§  Keputusan bersama dengan pertimbangan seluruh anggota firma, sehingga keputusan-keputusan menjadi lebih baik
Kelemahan Firma
§  Kelangsungan hidup perusahaan tidak terjamin
§  Utang-utang perusahaan ditanggung oleh kekayaan pribadi para anggota firma
3.      Perseroan Terbatas (PT)
Perseroan terbatas suatu badan hukum untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjual belikan, perubahan kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan.
Kebaikan Perseroan Terbatas
§  Kelangsungan hidup perusahaan terjamin
§  Saham dapat diperjual dengan relatif mudah
§  Pengelolaan perusahaan dapat dilakukan lebih efisien
§  Terbatasnya tanggung jawab, sehingga tidak menimbulkan resiko bagi kekayaan pribadi maupun kekayaan keluarga pemilik
Kelemahan Perseroan terbatas
§  Biaya pendiriannya relatif mahal
§  Rahasia tidak terjamin
§  Kurangnya hubungan yang efektif antara pemegang saham
4.      Koperasi
Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat berdasarkan asas kekeluargaan.
Modal koperasi terdiri dari:
-          Modal sendiri dapat berasal dari simpanan pokok, simpanan wajib, sumbangan suka rela, hibah dan dana cadangan Sisa Hasil Usaha
-          Modal pinjaman dapat berasal dari anggota, koperasi lainnya dan atau anggotanya, bank, sumber lain yang sah
Tujuan Koperasi adalah meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur dan berlandaskan pancasila dan UUD 1945.
5.      Yayasan
Yayasan adalah suatu badan hukum yang mempunyai maksud dan tujuan bersifat sosial, keagamaan dan kemanusiaan, didirikan dengan memperhatikan persyaratan formal yang ditentukan dalam undang-undang.
Yayasan mempunyai organ yang terdiri atas pembina, pengurus, dan pengawas. Pengelolaan kekayaan dan pelaksanaan kegiatan yayasan dilakukan sepenuhnya oleh pengurus. Pengurus wajib membuat laporan tahunan yang disampaikan kepada pembina mengenai keadaan keuangan dan perkembangan kegiatan yayasan. Pengawas bertugas melakukan pengawasan serta memberi nasihat kepada pengurus dalam menjalankan kegiatan yayasan.
6.      BUMN
BUMN (Badan Usaha Milik Negara) adalah badan usaha yang sebagian atau seluruh kepemilikannya dimiliki oleh Negara Republik Indonesia. BUMN dapat pula berupa perusahaan nirlaba yang bertujuan untuk menyediakan barang atau jasa bagi masyarakat.
Berdasarkan UU no. 19 Tahun 2003 pasal 2, maksud dan tujuan pendirian BUMN tidak lain adalah sebagai berikut:
-  Memberikan sumbangan bagi perkembangan perekonomian nasional pada umumnya dan penerimaan negara pada khususnya
-      Menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan jasa yang bermutu tinggi
-       Mengejar keuntungan
-    Menjadi perintis kegiatan-kegiatan usaha yang belum dapat dilaksanakan oleh sektor swasta dan koperasi
-   Turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat

BAB 5
PENUTUP
Berdasarkan hasil pembahasan penulisan ini, mengenai Organisasi Bisnis yang diperoleh melalui referensi buku dan juga internet. Keberhasilan suatu organisasi bisnis dalam menjalankan bisnisnya tidak terlepas dari bagaimana mereka menjalankan struktur organisasi perusahaan tersebut. Organisasi Bisnis adalah suatu organisasi yang melakukan aktivitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit).

DAFTAR PUSTAKA

Anoraga, Pandji. Pengantar Bisnis : Pengelolaan  Bisnis Dalam Era Globalisasi. Rineka Cipta.
Madura, Jeff. 2007. Introduction To Business : Pengantar Bisnis. Salemba Empat
http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis



Tidak ada komentar:

Posting Komentar